Cara Cerdas Analisa Keputusan Melalui Statistik GOOGLE INSIGHTS

Sebenarnya Aku bingung dengan judul yang Pas "untuk postingan kali ini" Jadi Topik nya adalah melihat peminat, pengguna, dari data yang di rangkum oleh GOOGLE.
Cara seperti ini lebih efektif menurut saya, karena sudah berdasarkan survey lapangan. . Tidak perlu mengetahui informasi dari teman dekat misalnya, atau katanya katanya.Hal itu umum menghasilkan opini yang berbeda,Hasil yang di tunjukan GOOGLE ini berdasarkan data kunjungan berdasarkan kawasan penulusuran istilah, grafik,etc.

Ambil Kasus Seperti ini : 
1. Seorang Mahasiswa ingin mengetahui di mana bisa menemukan teman se-JURUSAN yang banyak peminatnya.Agar mudah melakukan sharing
2. Pengusaha Warnet ingin mendirikan sebuah warnet, Pertimbangannya adalah di mana kawasan banyak konsumsi masyarakatnya yang tinggi penggunaannya
3. Lagi Bingung ingin membuka sebuah usaha apa di suatu tempat, misalnya daerah BALIKPAPAN.

Nah. . Dari beberapa contoh kasus seperti inilah menurut saya GOOGLE INSIGHTS bisa menjadi solusi, dan tentunya bukan hasil yang mutlak hanya pertimbangan, karena tidak semua masyarakat kita bisa mengoprasikan  komputer dan internet.

Cara yang saya maksud seperti berikut.

Langkah Awal MASUK GOOGLE INSIGHTS

Kemudian di penulusuran ketik "Informatika" Lihat gambar



Dan Hasil yang kita peroleh :
Jadi Maksudnya dari data tersebut kita bisa melihat Peminat terbanyak pengakses KEYWORD Informatika dari YOGYAKARTA, artinya di daerah tersebut tenaga ahli, mahasiswa banyak di sana dan hal itu sudah sangat umum di sana kalau berbicara bidang informatika

Contoh lagi dengan kata kunci "PERTAMBANGAN" dengan menggunakan Rentang waktu , dari tahun 2004 s/d 2012

Hasil nya dari Grafik pencarian
Dari hasil grafik menunjukan penurunan di setiap tahunnya,
hal ini bisa kita artikan kalau sektor pertambangan menurun (BAGUSLAH hentikan merusak lingkungan! :D)

Minat Kawasan Tertinggi

Mungkin seperti inilah contoh sederhananya, kalian bisa mencobanya sendiri dengan lebih kreatif.. Mudah dan sederhana kok. Hehe. . . Intinya cuma memainkan kata kunci dan harus bisa mengambil kesimpulan sendiri juga membuat ruang lingkup yang di inginkan. Contoh yang saya maksud dengan memainkan kata kunci dan mengambil kesimpulan :
Aku ingin membuka sebuah Toko komputer di Balikpapan, di pencarian pertama aku menuliskan keyword Toko Komputer Sub kawasan Balikpapan rentang waktu 2004/2012 hasilnya masih kosong atau tidak ada data. Lalu lanjutkan ke keyword Gadget hasilnya juga NOL lanjut ke keyword pemancing dengan mengetikan Jaringan Komputer hasilnya pun rendah. Kesimpulan ku informasi di wilayah ini masih minim. Itu artinya belum terlalu banyak terdapat Tenaga ahli atau pengajar di wilayah ini. Kemudian Masuk Ke Kata Kunci Ke-4 dengan menuliskan ACER ke-5 TOSHIBA. Dari hasil Statistiknya ternyata permintaan sangat tinggi. Tidak sebanding dengan Penawaran. Dan saya bandingkan lagi dengan Keyword Cantik, Sexy, Facebook. Hasilnya Luar biasa hampir semua penduduk mungkin mengaksesnya. Bahkan Istilah Penulusuran teratasnya mencapai 10 opsional. Hmmm...Kalau masih bingung dengan maksud aku, mohon maaf agak bermasalah mungkin dalam penjelasan dan penyusunan kata. :D.

GOOGLE INSIGHTS umumnya di gunakan oleh para webmaster untuk mensurvey trend kata kunci yang lagi meningkat  sebelum melakukan postingan di website mereka agar menjadi HOT di banjiri traffik. Yahh mungkin tujuan awal dari GOOGLE memang untuk membantu para webmaster ini. . Lama kelamaan Saya mlihat ini justru malah jadi UNIK seolah olah Output yang di hasilkan tidak lagi bertujuan sebagai penilaian kata kunci yang lagi trend dan Hot. Tetapi lebih kepada hasil kesimpulan pengkategorian sebuah wilayah atau negara berdasarkan minat masyarakatnya.

Semoga Bermanfaat. . Dan Jelas maksudnya Hehee